Berita

PELANTIKAN KETUA TP – DESA dan Pengukuhan Bunda PAUD dan Bunda Baca se Kecamatan Karangdadap

PELANTIKAN KETUA TP – DESA dan Pengukuhan Bunda PAUD dan Bunda Baca se Kecamatan Karangdadap

Kamis, 16 Januari 2020, bertempat di Pendopo Kecamatan Karangdadap Kab. Pekalongan telah dilaksanakan Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Desa sekaligus Pengukuhan Bunda PAUD dan Bunda Baca se Kecamatan Karangdadap. Pelantikan dan Pengukuhan tersebut dilakukan oleh Ketua TP PKK Kecamatan Karangdadap, Ibu Sunarti Abdul Qoyyum. ada 9 Ketua TP PKK Desa yang baru yang dilantik pada kegiatan tersebut, yaitu Pegumenganmas, Kalilembu, Kebonsari, Kaligawe, Karangdadap, Jrebengkembang, Logandeng, Kedungkebo dan Kebonrowopucang serta 11 Bunda PAUD dan Bunda Baca se Kecamatan Karangdadap.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur Forkompimcam Karangdadap, Ketua dan Pengurus TP PKK Kecamatan, Kepala Desa se Kecamatan Karangdadap, Ketua dan Pengurus TP PKK Desa se Kecamatan Karangdadap serta unsur UPT Dinas tingkat Kecamatan. Ketua TP PKK Kecamatan Karangdadap, Ny. Sunarti Abdul Qoyyum dalam sambutannya menyampaikan harapannya kepada para Ketua TP PKK Desa yang baru saja dilantik dan dikukuhkan, agar selain menjadi dinamisator program dan kegiatan, TP PKK Desa juga terus membina para Kader, Kelompok-kelompok PKK dan Dasa Wisma, serta masyarakat luas agar terus bersemangat, berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui gerakan PKK. Saya juga berharap saudara dapat melanjutkan dan memberikan perhatian lebih terhadap usaha-usaha yang telah dirintis Ketua Tim Penggerak PKK Desa sebelumnya. Usaha-usaha itu antara lain peran serta tim penggerak PKK dalam meningkatkan jumlah akseptor KB, peningkatan fungsi PAUD DAN Posyandu, partisipasi dalam mengurangi angka buta aksara, PERAN AKTIF DALAM MENGURANGI ANGKA KEMATIAN IBU MELAHIRKAN DAN BAYI YANG DILAHIRKAN, PENCEGAHAN STUNTING PADA PARA BALITA KITA SERTA program-program dalam rangka peningkatan kesetaraan gender. Lanjutkan dan tingkatkan terus kiprah pengabdian tersebut, karena hingga saat ini dukungan dan pengabdian tim penggerak PKK masih sangat diperlukan., pungkasnya.

Camat Karangdadap sendiri menyampaikan ucapan selamat kepada Ketua TP PKK Desa yang notabene juga sekaligus sebagai Istri dan Pendamping dari para Bapak Kepala Desa hendaknya Dalam kiprahnya sebagai anggota TP PKK dan Kader PKK haruslah memiliki peran sebagai pelopor dan motor penggerak pembangunan dalam mewujudkan keluarga bahagia, sejahtera, maju dan mandiri, yang diaktualisasikan melalui pemberdayaan perempuan dalam melakukan pembinaan, pengelolaan serta pengembangan Program PKK di daerah masing – masing. Dalam konteks PKK, kesadaran itu semoga lahir dari pemahaman seluruh anggota TP PKK, bahwa pengabdian di dalam gerakan PKK bukanlah pengabdian sesaat, melainkan sebuah pengabdian panjang yang nyaris tanpa titik penghentian. Dengan pemahaman seperti ini, saya meyakini saudara-saudara dapat menjalani amanah sebagai jajaran pengurus TP PKK Desa dengan penuh kesungguhan dan semangat pengabdian.

SEBAGAI BUNDA PAUD DAPAT MEMBERIKAN DORONGAN DAN MOTIVASI KEPADA PARA IBU – IBU YANG ADA DI DESA MASING – MASING UNTUK MEMASUKKAN ANAKNYA KE PAUD APABILA USIA ANAK SUDAH MEMASUKI PERIODE PAUD ATAU JUGA TK. Paud adalah cara pola asuh tumbuh kembang anak dari usia 0 sampai 6 tahun yang disebut dengan periode usia emas (golden age), yaitu periode dimana anak mengalami pertumbuhan otak dan mental secara maksimal. Disinilah peran bunda paud memberi dorongan orang tua agar mengikutsertakan anaknya ke PAUD.

Kemudian sebagai Bunda Baca, para Ibu – ibu Ketua TP PK Desa dituntut untuk bisa menjadi motor sekaligus pionir dalam menumbuhkembangkan minat baca dikalangan masyarakat, dimulai dari sejak usia dini, anak-anak, remaja hingga dewasa. Camat Karangdadap juga meminta agar ditumbuhkan budaya Literasi di kalangan generasi muda kita. Bunda Baca bukanlah sekedar atribut atau retorika belaka, sehingga haruslah menjadi contoh dalam menumbuhkan budaya Literasi di kalangan warga masyarakat. Bunda Baca harus gemar membaca, mencari ilmu dan mencari tahu lewat buku-buku atau lewat media digital lainnya, demikian harapan dan keinginan Camat Karangdadap….

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari segenap undangan yang hadir kepada semua pengurus TP PKK Desa yang baru saja dilantik dan selama kegiatan berlangsung lancar dan kondusif.

#HIDUPJAYAPKK
#PKKKEC.KARANGDADAP2020

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close